WC mampet bersihkan dengan Soda Api

Sudah lebih dari 2 bulan aku dihadapkan dengan masalah WC. Tempat penampungan akhir itu kalo sudah dipake sekali airnya langsung meluap keluar, gak muat untuk 'diisi' lagi.
Kupikir ini mungkin septictank nya sudah penuh, aku bermaksud memanggil jasa 'sedot wc'. Tetapi kata tetangga sebelah gak mungkin kalo penuh, kan baru saja ditempati 3 bulan.

Bingung sampai akhirnya pada puncaknya aku mengungsikan seluruh anggota keluargaku (istri dan 2 anak) ke rumah orangtua ku. Sementara itu aku bertekad untuk membongkar WC+septictank secepatnya, aku sudah mengantongi nomor telpon tukang sedot wc, tinggal mencari tukang bangunan untuk memperbaiki septictank.

Pak Sardi yang biasanya menjadi tukang andalanku kalo ada sesuatu yang berkaitan dengan renovasi rumah kutelpon, dan aku sepakat mau ketemu dia dulu sambil membicarakan 'planning' untuk bongkar-bongkar wc. Ternyata pak Sardi sedang dapet proyek merenovasi rumah tetangga. Akhirnya kuputuskan untuk menunggu sampai pak Sardi selesai baru nanti 'acara bongkar-bongkar' dikerjakan.

Setelah kesana-kesini akhirnya kudapatkan informasi dari seorang teman yang menyarankan untuk membeli 'cairan' yang berfungsi untuk 'melancarkan' saluran pembuangan wc yang 'mampet' dan bersamanya aku diantar ke sebuah toko kimia di belakang stadion Diponegoro Semarang.

Disana kutanyakan pada penjual, dan si penjual memberikan saran untuk beli soda api yang fungsinya melancarkan saluran pembuangan. Bukan 'cairan' seperti yang dimaksud temanku. Kupikir karena si penjual sudah berpengalaman dalam menghadapi masalah sepertiku, akhirnya kubeli juga soda api sebanyak 1 kg.

Sampai di rumah kulihat wc ku, yang masih tergenang air.
"Mana bisa soda api sebanyak ini masuk ke dalam wc sementara airnya tergenang kayak gini?' pikirku.
Tapi kucoba juga untuk memasukkan 1/2 dari bungkus plastik.
Eh! baru separo soda api yang kumasukkan ternyata airnya langsung surut, masuk semua ke dalam wc! Akhirnya dengan semangat kumasukkan semua soda api yang tersisa.

Alhamdulillah! hanya dengan soda api 1 kg seharga Rp.8.500,- akhirnya saluran pembuangan itu bisa kupake lagi. Saat kuposting tulisan ini, sudah 2 hari wc itu tidak bermasalah.
Nah, itu sekedar pengalaman yang mungkin bisa terjadi juga pada teman-teman, pake soda api 1 kg untuk membersihkan saluran wc.
Previous
Next Post »

8 komentar

Click here for komentar
Rimuengtapa
admin
19 April 2011 pukul 06.29 ×

Soda api tu sering di pake utuk bhan buat bom,,,dwaaar!!!!

Reply
avatar
Unknown
admin
24 Februari 2012 pukul 05.31 ×

Sip gan, kalau ane selokan cuci piringni yang lagi ada masalah, thank you gan infonya.

Reply
avatar
Firmansyah
admin
7 Maret 2012 pukul 13.39 ×

Thanks buat info ny om :D

Reply
avatar
ali
admin
12 Mei 2012 pukul 21.40 ×

mantaf boz aku coba ah ..heheheh ...

Reply
avatar
ali
admin
12 Mei 2012 pukul 21.40 ×

mantaf boz aku coba ah ..heheheh ...

Reply
avatar
7 Oktober 2012 pukul 23.25 ×

mantap boz dah bagi pengalamanya... kebetulan dibelakang rumah saluran lagi mampet dan ini dah mau masuk musin hujan... tak cobain semoga berhasil ...

Reply
avatar
Unknown
admin
31 Januari 2014 pukul 04.03 ×

tanks buat info.y brow,,, suda 2 minggu kloset di tempatku juga tersumbat selama tersumbat klw mau buang air selalu lai kerumah tangga atau pcr,, heheheh good luck brow

Reply
avatar
Unknown
admin
23 Agustus 2019 pukul 21.15 ×

Mau nanya kalau soda api sebutannya ada bahasa lain ngak? Aku coba beli di toko bangunan kok ngak ada. Mereka bingung soda api itu apa. . Apa ada nama lainnya ya..

Reply
avatar